Cherophobia, Takut Bahagia karena Merasa Hal Buruk Akan Terjadi Setelahnya

Namanya juga manusia, wajar kalau ingin merasa bahagia setiap saat. Bisa bahagia karena uang, keluarga, teman, makanan, maupun hal-hal lainnya. Apalagi, dalam menjalani kehidupan kita perlu merasa selalu bahagia supaya hidup nggak berat-berat banget.

Akan tetapi, ada loh orang yang merasa takut untuk bahagia. Mereka nggak melulu merasa sedih atau hobi menangis, melainkan takut untuk mendekatkan diri kepada sesuatu yang bisa bikin bahagia karena merasa ada hal buruk yang akan terjadi sesaat setelah merasa bahagia. Nah, orang yang mengalami kondisi tersebut disebut cherophobia.

Jenis fobia ini termasuk langka dan unik. Sebab, belum banyak penelitian yang dilakukan untuk mengkaji fobia ini. Alhasil, para ahli cenderung menggolongkan fobia ini sebagai jenis gangguan kecemasan.

Tanda-tanda orang yang mengalami cherophobia bermacam-macam, namun rata-rata menolak untuk pergi ke acara yang bersifat sosial atau melakukan sesuatu yang dianggap menyenangkan serta menolak menanamkan mindset yang lebih bahagia karena takut sesuatu yang buruk akan terjadi.

Merasa takut bahagia bisa disebabkan karena adanya trauma masa lalu yang bikin sedih, bisa juga karena menurut mereka berbahagia merupakan suatu tindakan yang melelahkan.

Jangan khawatir jika bertemu orang atau bahkan lo sendiri yang mengidap cherophobia. Sebab, lo bisa melakukan aktivitas untuk merelaksasi pikiran, seperti menggambar, menulis, dan berolahraga. Namun jika sudah terlalu berlebihan, metode hipnoterapi dan terapi perilaku kognitif (CBT) dengan ahlinya bisa dijadikan solusi.

Source Photo from Netflix/All The Bright Places

Total
0
Shares
Previous Article

Nama Asli 'Lap Kanebo' Nyatanya Berasal dari Seekor Hewan, Lho!

Next Article

Mencium Aroma Pasangan Bisa Kurangi Stres pada Wanita

Related Posts