Cerita Patung Merlion Singapura dan Kaitannya dengan Pangeran Sang Nila Utama dari Sriwijaya

Patung Merlion menjadi salah satu ikon Singapura yang terkenal ke seluruh dunia. Patung ini dirancang oleh ahli zoologi Inggris, Alec Fraser Brunner, dan dibuat oleh seniman Singapura, Lim Nam Seng.

Tahukah kamu kalau desain dari patung Merlion ada kaitannya dengan Pangeran Sang Nila Utama dari Sriwijaya? Ternyata, kepala singa patung tersebut melambangkan singa yang pernah ditemui sang pangeran.

Pangeran Sang Nila Utama bertemu dengan singa itu saat berburu di sebuah pulau dalam perjalanannya ke Malaka. Ia percaya singa tersebut merupakan pertanda baik. Pulau tempat ia berburu itu dikenal sebagai Pulau Temasek yang kini dikenal menjadi Singapura.

Pangeran Sang Nila Utama pun memutuskan untuk membangun kota baru di Temasek dan mengganti namanya menjadi Singapura. Dalam Bahasa Sansekerta, Singapura bermakna Kota Singa. Kisah ini tertulis dalam sejarah Melayu.

Sementara itu, ikan yang menjadi badan patung Merlion melambangkan kota kuno Temasek. Temasek dalam Bahasa Jawa artinya laut. Dulunya, Singapura adalah sebuah perkampungan nelayan yang sederhana.

Sang Nila Utama sempat memerintah Singapura selama 48 tahun. Ia wafat pada 1347 dan dimakamkan di Bukit Larangan, sekarang dikenal sebagai Fort Canning Hill.

Source: Wikipedia & Twitter/jelantik5

Total
0
Shares
Previous Article

Ternyata, Jadi Orang ‘Good Looking’ Gak Selamanya Enak, Lho!

Next Article

Piala Dunia 2022: Qatar Jadi Tuan Rumah Pertama dalam Sejarah yang Kalah di Laga Perdana

Related Posts