CANGGIH, BELANJA DARI SINGAPURA-THAILAND TINGGAL SCAN QR

Warga Indonesia akan semakin mudah berbelanja di Thailand, Singapura, dan Malaysia. Cukup dengan scan QR code saja, kamu udah bisa melakukan transaksi di ketiga negara tersebut. Canggih, kan?

Warga Indonesia akan semakin mudah berbelanja di Thailand, Singapura, dan Malaysia. Cukup dengan scan QR code saja, kamu udah bisa melakukan transaksi di ketiga negara tersebut. Canggih, kan?

Pada 17 Agustus 2021, Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan Standard Nasional Open API Pembayaran (SNAP) dan pra resmi QRIS Antarnegara. Di Indonesia sendiri, QRIS digunakan untuk transaksi berbagai barang dan jasa melalui pembayaran dengan QR code.

“Hadirnya QR Indonesia Standard (QRIS) memungkinkan interkoneksi dan interoperabilitas pembayaran melalui satu standar QR code yang kini telah betul-betul digunakan untuk seluruh Indonesia. Sangat maju dan telah dilakukan uji coba antarnegara (cross border),” kata Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi, seperti dikutip dari cnbcindonesia.com (30/8/2021).

Negara pertama yang telah bekerja sama dengan Indonesia untuk pembayaran QR antarnegara tersebut ialah Thailand. BI bekerja sama dengan QR Thailand Standart (Thai QR Payment).

Kini, BI tengah mempersiapkan perluasan pilot project QRIS dengan Singapura dan Malaysia. Rosmaya mengatakan, sistem ini akan mempermudah pedagang dan konsumen di kedua negara untuk menerima dan melakukan pembayaran QR secara instan.

“Setelah dengan Thailand akan dengan Malaysia dan kemudian akan dengan Singapura. Adapun pada 2021 ini, BI menargetkan penggunaan QRIS akan mencapai 12 juta merchant yang didukung berbagai sinergi,” ucapnya.

Selain cepat dan mudah, pembayaran melalui QR code juga dinilai lebih aman karena nasabah tidak perlu membawa uang dalam jumlah banyak. Asyiknya lagi, nasabah juga dapat berhemat karena tidak akan terkena biaya dan komisi seperti biaya kurs.

Wah, kemudahan kayak gini pasti bikin semangat belanja semakin menggebu ya. Hati-hati, jangan sampai kemudahan malah bikin kamu jadi boros ya. Tetap bijak menggunakan uang, oke?

Total
0
Shares
Previous Article

WAJIB TAHU, REFORMASI PAJAK YANG BAKAL BERLAKU TAHUN DEPAN

Next Article

SEGERA BUKA DI INDONESIA, BERAPA BIAYA “FRANCHISE” SUBWAY?

Related Posts