Bikin SIM di Cirebon Kini Bayarnya Bisa Pakai Sampah

Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Polresta Cirebon memiliki program unik yang membuat masyarakat enggak perlu keluar uang untuk pembuatan SIM. Program yang diberi nama ‘Green Service’ ini memberikan kesempatan bagi warga untuk membayar layanan SIM dan SKCK dengan sampah.

Caranya, warga mengumpulkan sampah non-organik yang mempunyai harga jual, seperti botol plastik, besi, dan tembaga. Lalu, sampah-sampah ini disetorkan ke bank sampah untuk ditimbang. Polresta Cirebon telah bekerja sama dengan 10 titik bank sampah.

Setelah ditimbang, warga akan mendapat buku tabungan berisi besaran uang dari hasil penjualan sampah. Apabila tabungan warga sudah cukup untuk membayar biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), mereka bisa langsung datang ke Satpas Polresta Cirebon untuk membuat SIM.

“Konsep ini, ingin mengajak masyarakat agar peduli dan sadar akan kebersihan lingkungan, dengan cara masyarakat dapat menggunakan sampah plastik dengan jumlah tertentu untuk pembayaran PNBP SIM,” ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Cirebon, Komisaris Galih Raditya, seperti dikutip dari situs resmi Korlantas Polri.

Meskipun pembuatan SIM dengan pembayaran sampah memiliki jalur khusus, tetapi prosedur pembuatan SIMnya tetap sama. Warga tetap harus mengikuti ujian teori, ujian praktis, tes kesehatan, dan tes psikologi.

Saat ini sudah ada 49 orang yang mengikuti program tersebut. Semoga program ini bisa dicontoh kota-kota lainnya ya!

Image Source from Indozone/Z Creator

Total
0
Shares
Previous Article

Kok Bisa Ada Orang yang Gampang Tersinggung?

Next Article

Dari Atas Gudang Galon Air Mineral hingga IPO, Ultra Voucher Tumbuh Bersama Merchant

Related Posts