BAPAK PERFILMAN INDONESIA USMAR ISMAIL DAPAT GELAR PAHLAWAN NASIONAL

Presiden Joko Widodo menganugerahi gelar pahlawan kepada Bapak Perfilman Indonesia, Usmar Ismail. Pemberian gelar ini diberikan tepat pada Hari Pahlawan, Rabu (10/11/2021).

Presiden Joko Widodo menganugerahi gelar pahlawan kepada Bapak Perfilman Indonesia, Usmar Ismail. Pemberian gelar ini diberikan tepat pada Hari Pahlawan, Rabu (10/11/2021).

Melansir dari cnnindonesia.com (10/11/2021), Usmar Ismail merupakan seorang sutradara yang telah membuat lebih dari 30 film sepanjang hidupnya. Beberapa film yang pernah ia buat antara lain Citra (1949), Lewat Jam Malam (1954), dan Tiga Dara (1955).

Sebelum dikenal sebagai sutradara, Usmar mengawali kariernya di dunia sastra dan seni teater. Pria kelahiran Bukittinggi ini juga pernah bekerja di Kantor Besar Pusat Kebudayaan Jepang.

Pada 1943, Usmar bersama kakaknya yang juga sastrawan El Hakim, Rosihan Anwar, Cornel Simanjuntak, dan H.B. Jassin, mendirikan kelompok sandiwara yang diberi nama Maya.

Kelompok sandiwaran ini kerap menampilkan sandiwara dengan teknik teater Barat. Kehadiran Maya pun dianggap sebagai tonggak lahirnya teater modern di Indonesia.

Setelah itu, Usmar menjadi wartawan di kantor berita Antara. Usmar pun pernah ditangkap oleh Belanda karena dianggap terlibat dalam kegiatan pemberontakan.

Setelah bebas, ia sering berkumpul di suatu gedung di depan Stasiun Tugu untuk berdiskusi mengenai seluk-beluk film. Baru setelah itu Usmar masuk ke dunia perfilman dengan menjadi asisten sutradara untuk film “Gadis Desa”. Dirinya pun ketagihan membuat film dan menghasilkan puluhan film lainnya.

Kepiawaian Usman dalam memproduksi film berkualitas menjadikannya dikenal sebagai Bapak Perfilman Indonesia dan diabadikan sebagai nama Pusat Perfilman Usmar Ismail yang terletak di daerah Kuningan, Jakarta. Kini, generasi penerus bangsa pun akan mengenalnya sebagai pahlawan nasional.

Total
0
Shares
Previous Article

SEMAKIN LENGKAP BELANJA BRAND LOKAL DI LOCALFEST ONLINE 4TH EDITION DI TOKOPEDIA

Next Article

TERTARIK INVESTASI KRIPTO? KENALI DULU KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA!

Related Posts