Bagaimana Cara Keluar dari Kerumunan yang Berdesakan?

Belakangan ini ada beberapa peristiwa di mana banyak orang berkerumun dan saling berdesakan hingga menyebabkan ratusan korban jiwa berjatuhan. Contohnya, tragedi Kanjuruhan dan Halloween di Itaewon yang terjadi pada Oktober 2022.

Alasan utama yang menyebabkan banyak korban berjatuhan adalah kepanikan untuk segera keluar dari kerumunan. Akibatnya, orang saling berdesakan hingga terjatuh dan terinjak-injak.

Lalu, bagaimana cara yang aman untuk keluar dari kerumunan bila situasinya semakin membahayakan?

1. Tinggalkan area saat mulai padat dan terasa tidak nyaman. Segera keluar saat masih ada cukup ruang untuk bergerak.

2. Apabila kondisinya sudah semakin padat, perhatikan kondisi sekeliling kamu untuk menentukan di mana titik yang paling ramai. Setelah itu, usahakan untuk bergerak ke arah di mana kerumunan menipis. Kamu juga bisa coba melihat ke atas, siapa tau ada ruang untuk memanjat.

3. Jika sudah terlambat melarikan diri dan desakan semakin kuat, usahakan untuk tetap berdiri dan lipat lengan setinggi dada. Posisi ini dapat melindungi tulang rusuk sekaligus menjaga sedikit jarak antara kamu dan orang lain sehingga kamu masih bisa bernapas.

4. Usahakan untuk menjauh dari dinding, pilar, atau pintu agar tidak terjepit.

5. Ikuti arus kerumunan sambil menjaga keseimbangan. Jangan menahan tekanan atau berusaha mendorong kerumunan yang mendorong kamu karena akan membuat kamu kehilangan energi.

Satu hal penting lainnya yang perlu diingat adalah usahakan untuk tidak panik agar kamu bisa berpikir jernih dan mencari jalan keluar. Semoga tak ada lagi korban berjatuhan dari tragedi seperti ini ya.

Image Source from Unsplash/Macau Photo Agency

Total
0
Shares
Previous Article

Polisi Telah Mengantongi Identitas Penyebar Ancaman Bom di Lokasi Konser NCT 127

Next Article

Aksi Gitaris Momonon Minta Anggota Ormas Turun dari Panggung Jadi Sorotan

Related Posts