Asal-Usul Nama ‘Dusun Memek’ di Jombang yang Bikin Gagal Fokus

Nama Dusun Memek di Jombang membuat banyak orang gagal fokus lantaran menjurus terhadap alat kelamin wanita. Gapura di dusun tersebut juga ramai dijadikan tempat swafoto alias selfie.

Akan tetapi, ternyata dua huruf E pada kata ‘Memek’ berbunyi sama dengan suku kata me pada kata ‘melayang’ dan ‘menggapai’.

Diketahui, dusun yang memiliki luas 32,9 hektare ini dulunya bernama ‘Dusun Katul’. Katul sendiri dalam bahasa Jawa memiliki arti dedak dan alat kelamin perempuan. Akibat dinilai tidak pantas, nama ‘Katul’ pun akhirnya diganti menjadi ‘Memek’.

“Awalnya kan nama dusun ini Katul. Biasanya kan kaum pria suka ‘mek-mek’ yang dalam bahasa Jawa artinya menyentuh, kelamin perempuan sehingga diberi nama Memek. Nama ‘Dusun Memek’ dari kata Mek-mek,” tutur Sarmin sebagai Tetua ‘Dusun Memek’, dikutip dari detik.com, Jumat (29/7/22).

Lain halnya dengan Supono selaku Kepala Desa Tanjung Wadung. Menurutnya, asal-usul nama ‘Dusun Memek’ yang diceritakan oleh Sarmin hanya sebatas gurauan belaka. Meski begitu, ia menganggap arti dari nama desa ini tidak mengandung unsur negatif.

Hayo, jangan gagal fokus, ya!

Source Photo from Detik by Enggran Eko Budianto

Total
0
Shares
Previous Article

Kapten Kapal Nelayan RI Tewas Ditembak Tentara Papua Nugini

Next Article

China Punya Ahli Khusus yang Bikin Tukang Selingkuh Tobat, Kok Bisa?

Related Posts