Asal Muasal Istilah “Dari Hong Kong” yang Marak Digunakan

Seringkali istilah ‘dari Hong Kong’ digunakan untuk mengekspresikan suatu pendapat yang nggak mungkin atau nggak benar. Istilah ini sudah digunakan sejak lama bahkan sebelum kedua orang tua lo merangkai janji suci lewat pernikahan. Eits, tapi lo tahu nggak sih darimana asal-usul istilah ini berasal?

Melansir dari berbagai sumber, ternyata istilah ‘dari Hong Kong’ ini memiliki sejarah tersendiri. Bukan hanya satu, tetapi beberapa versi yang berbeda menyebutkan bagaimana istilah ini dapat menjamur di Indonesia.

Dalam versi pertama, diketahui asal-usul istilah ini diduga muncul pada tahun 1970-an. Pada masa itu, salah seorang mahasiswa dari Universitas Indonesia sempat memamerkan foto kuburan China yang diakuinya dipotret di Hong Kong. Akan tetapi, beberapa waktu setelahnya mahasiswa ini ternyata berbohong. Pasalnya, foto tersebut diambil di Medan bukan Hong Kong.

Semenjak saat itulah, istilah ‘dari Hong Kong’ dipakai untuk menggambarkan kejadian yang nggak sebenarnya terjadi. Jadi, semacam menyindir orang yang sering mengada-ngada suatu hal. Mungkin setara seperti kalimat “mimpi lu!”.

Kemudian versi kedua sekaligus terakhir, istilah ‘dari Hong Kong’ adalah jawaban sekenanya yang bisa dipakai dalam konteks apapun, meski diucapkan asal-asalan.

Meskipun belum diketahui kebenaran soal asal-usulnya, namun istilah ini masih marak digunakan untuk sindiran maupun candaan.

Source Photo from Unsplash/Joe LIU

Total
0
Shares
Previous Article

Sulit Bangun dari Tempat Tidur di Pagi Hari Tanda Gejala Dysania?

Next Article

Apapun Masalahnya, Jawabannya Tetap "HP Terusss"

Related Posts