Apapun Masalahnya, Jawabannya Tetap “HP Terusss”

Ketika kita mengeluhkan sesuatu seperti sakit kepala, nggak enak badan, sakit gigi, ataupun gejala kurang mengenakkan lainnya, pasti kaum emak-emak akan melontarkan kalimat andalannya seperti “hape terusssss”. Tak ayal, sebagian anak memilih untuk nggak menceritakan keadaannya kepada sang ibu lantaran malas mendengarkan lontaran ungkapan tersebut.

Padahal kenyataanya, ungkapan itu ada benarnya. Nggak percaya? Faktanya, menatap layar ponsel secara terus-menerus bisa membuat mata lelah, migrain, jempol tertekuk (trigger thumb), leher kaku, punggung pegal, mengganggu saraf, memengaruhi postur tubuh, merusak penglihatan, dan gangguan tidur.

Selain itu, mengacu dari hasil penelitian mahasiswa kedokteran Jambi dalam “Journal of Medical” menunjukkan adanya hubungan antara screen time yang terlalu lama dengan kondisi migrain alias sakit kepala.

Sebab, terlalu lama berhadapan dengan ponsel membuat lo terpaku dengan posisi yang sama. Asupan nutrisi dan cairan lo juga jadi kurang terpenuhi, maka nggak heran kalau banyak gejala yang bisa menyerang.

Nah, akibat banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan ketika bermain ponsel terlalu lama, maka banyak orang tua yang merasa panik sehingga cenderung menyalahkan ponsel.

Supaya nggak bikin panik, lo bisa langsung mencari solusi atas permasalahan tubuh yang lo hadapi. Sebab, nggak semua gejala diakibatkan oleh bermain ponsel yang terlalu lama.

Hayo, siapa yang ibunya begini?

Source Photo from Unsplash/Robin Worrall

Total
0
Shares
Previous Article

Asal Muasal Istilah "Dari Hong Kong" yang Marak Digunakan

Next Article

Berita Duka, Lord Rangga Sunda Empire Meninggal Dunia

Related Posts