APAKAH PENYANDANG TUNARUNGU BISA BERBICARA?

Menteri Sosial, Tri Rismaharini, menghadiri Hari Disabilitas Internasional 2021 di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial pada Rabu (1/12/2021).

Menteri Sosial, Tri Rismaharini, menghadiri Hari Disabilitas Internasional 2021 di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial pada Rabu (1/12/2021). Dalam acara tersebut, ia sempat berdialog dengan para penyandang disabilitas. Risma pun sempat meminta penyandang disabilitas tunarungu untuk berbicara di hadapan publik.

Namun, sikap Risma tersebut menuai kritikan dari beberapa pihak. Menanggapi kritikan tersebut, Risma menjelaskan kalau dia hanya ingin mendorong para penyandang tunarungu untuk memaksimalkan pemberian Tuhan, yaitu mulut, mata, dan telinga.

Di tengah polemik tersebut, banyak pihak pun mempertanyakan apakah penyandang tunarungu bisa berbicara atau mengalami gangguan wicara juga? Melansir dari alodokter.com, dokter Ulfi Umroni menjelaskan kalau kemampuan berbicara penyandang tunarungu berbeda-beda, tergantung pada kapan ia mulai mengalami masalah pendengaran.

“Adanya ketulian yang terjadi sebelum pasien mengenal bahasa, maka akan terjadi ganguan pemahaman bahasa, komunikasi, ataupun interaksi antar sesama. Hal ini menyebabkan pasien tidak mengerti bahasa dan tidak dapat menyampaikan struktur bahasa dalam komunikasi,” tulis dr. Ulfi.

Sementara itu, imbuhnya, penyandang tunarungu yang mengalami ketulian setelah mengenal bahasa akan dapat menyampaikan bahasa yang ia pahami dalam kehidupan sehari-hari. Ketulian yang terjadi setelah seseorang memahami bahasa biasanya disebabkan oleh infeksi, obat-obatan, trauma, atau dentuman suara keras yang merusak sistem pendengaran.

Masyarakat bisa mencari tahu tentang informasi itu lebih lanjut dengan berkonsultasi ke dokter THT. Masyarakat juga dapat mengonsultasikan tentang konteks tuli dan bisu pada penyandang disabilitas.

Total
0
Shares
Previous Article

JOKOWI PERTANYAKAN KEBIASAAN SOWAN PEMIMPIN KEPOLISIAN KE ORMAS

Next Article

10 MEREK PALING BERNILAI DI INDONESIA TAHUN 2021

Related Posts