ALASAN YOUTUBE SEMBUNYIKAN JUMLAH “DISLIKE”

Kini, penonton tidak bisa melihat jumlah dislike dari video yang sedang ditontonnya di YouTube.

Kini, penonton tidak bisa melihat jumlah dislike dari video yang sedang ditontonnya di YouTube. Yup, YouTube membuat jumlah dislike kini menjadi privat dan hanya bisa dilihat oleh kreator video saja. Kreator bisa melihatnya dari Studio Analytics di tab interaksi.

“Pembaruan dari YouTube adalah tombol dislike tetap ada, tetapi jumlah dislike kini privat,” ujar Matt Koval, Head Creator Liaison YouTube, seperti dikutip dari cnnindonesia.com (12/11/2021).

Ia menjelaskan, kebijakan tersebut dibuat setelah tim riset YouTube menemukan bahwa fitur dislike kerap disalahgunakan penonton untuk menjatuhkan video tertentu. Menurut Koval, serangan terhadap suatu video ini biasanya dilakukan secara terkoordinasi.

“Ini biasanya terjadi karena mereka tidak menyukai kreator atau ide yang diperjuangkannya. Ini masalah besar karena bagian dari misi YouTube adalah memberi kesempatan kepada semua orang untuk berkreasi,” ucapnya.

Dari hasil eksperimen yang dilakukan tim YouTube pada awal 2021, membuat jumlah dislike menjadi privat dapat mengurangi serangan terencana itu. Selain itu, imbuh Koval, kebijakan ini juga mampu mengurangi rasa stres dan malu para kreator.

Dirinya pun berharap kebijakan terbaru tersebut dapat melindungi semua kreator. Mereka ingin memastikan semua kreator merasa aman dan memiliki kesempatan sukses di YouTube. (Cahyu CA)

Total
0
Shares
Previous Article

JAKARTA MASUK 50 KOTA DI DUNIA DENGAN PENANGANAN COVID -19 TERBAIK

Next Article

GRUP EMTEK AKAN BERINVESTASI RP 248 MILIAR PADA RANS ENTERTAINMENT

Related Posts