Apabila kamu sedang mencari inspirasi untuk membangun perusahaan rintisan atau start-up, mungkin kamu bisa menjadikan fesyen sebagai salah satu opsi utama. Sebab, start-up fesyen dinilai memiliki daya saing yang tinggi dan potensi perkembangan yang menjanjikan di Indonesia.
“Semakin lama semakin banyak tergerak di industri fesyen. Baik dalam platform e-commerce maupun dari jumlah sisi penjual,” ucap Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS), Bhima Yudistira, seperti dikutip dari bisnis.com (9/9/2021).
Ia menjelaskan, ada beberapa alasan mengapa fesyen menjadi bisnis yang begitu berkembang. Pertama, tingginya minat terhadap pakaian dan aksesoris muslim. Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk mayoritas muslim membuat fesyen muslim menjadi pasar yang besar.
Alasan selanjutnya adalah start-up fesyen mampu memberikan user experience atau pengalaman pengguna yang memuaskan. Mulai dari cara promosi, penawaran, hingga koneksi antara reseller dan dropshipper. Transaksi lewat e-commerce juga dianggap lebih menarik karena sering ada promo atau diskon.
“Dengan kata lain, start-up fesyen memiliki inovasi baru bukan hanya dari model fesyennya saja, tetapi juga user experience,” kata Bhima.
Kamu pun bisa mempertimbangkan kedua faktor tersebut saat hendak memulai start-up fesyen. Mudah-mudahan informasi ini dapat membantu kamu menjadi pendiri start-up fesyen yang sukses ya. Semangat!