ALASAN HARGA IPHONE 13 CAPAI PULUHAN JUTA RUPIAH

Harga iPhone 13 digadang-gadang lebih mahal daripada seri-seri pendahulunya. Melansir dari bisnis.com (5/10/2021), situs Apple Malaysia menunjukkan iPhone 13 dijual dengan rentang harga Rp 13 – 26 juta.

Harga iPhone 13 digadang-gadang lebih mahal daripada seri-seri pendahulunya. Melansir dari bisnis.com (5/10/2021), situs Apple Malaysia menunjukkan iPhone 13 dijual dengan rentang harga Rp 13 – 26 juta.

Di Indonesia sendiri, iPhone 13 memang belum rilis secara resmi. Walaupun begitu, iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max telah mendapat sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian. Keempat model ponsel ini memiliki nilai TKDN 30 persen.

Harga iPhone 13 di Indonesia nantinya diperkirakan tidak terlalu jauh berbeda dengan di Malaysia. Sebelum protes, ada baiknya kamu mengetahui dulu alasan Apple membanderol iPhone 13 dengan harga hingga puluhan juta rupiah.

Guna mengungkap alasan di balik pemberian harga tersebut, perusahaan teknologi TechInsights membongkar iPhone 13 Pro dengan kapasitas 256 GB untuk melihat komponen dalamnya.

Dari hasil pembongkaran, TechInsights mengungkap bahwa biaya untuk bahan dan komponen iPhone 13 Pro mencapai Rp 8,1 juta. Harga ini memang lebih mahal dari biaya untuk iPhone 12 Pro yang sebesar Rp 7,8 juta.

Kenaikan harga tersebut disebabkan oleh penggunaan chip yang lebih mahal (A15 Bionic, Audio Codec, dan Audio Amplifier), GPU yang lebih bagus memori NAND, subsistem tampilan, dan peningkatan biaya enclosure utama. Kamera wide iPhone 13 Pro juga memiliki piksel yang lebih besar (1,9 piksel) daripada iPhone 12 Pro (1,4 piksel). Biaya untuk bahan dan komponen ini ditambah lagi dengan biaya perangkat lunak, tenaga kerja, pengiriman, dan beberapa faktor lainnya.

Melihat dari biaya tidak sedikit yang harus dikeluarkan Apple untuk menghadirkan kualitas terbaik di iPhone 13, maka tidak mengherankan bila ponsel ini dijual dengan harga begitu mahal. Tertarik membeli?

Total
0
Shares
Previous Article

MARK ZUCKERBERG KEHILANGAN RP 99 TRILIUN USAI FACEBOOK, INSTAGRAM, DAN WHATSAPP “DOWN”

Next Article

“START-UP” LOKAL ULA TERIMA SUNTIKAN DANA DARI JEFF BEZOS

Related Posts