ADIDAS TUAI PROTES KERAS USAI SEBUT WAYANG KULIT BERASAL DARI MALAYSIA

Merek sepatu olahraga Adidas Singapura baru saja merilis produk terbarunya yang menjadi bagian dari koleksi City Pack.

Merek sepatu olahraga Adidas Singapura baru saja merilis produk terbarunya yang menjadi bagian dari koleksi City Pack. Sepatu ini memiliki desain warna putih dengan gambar wayang kulit di sisi samping sepatu dan motif batik di bagian belakangnya.

Adidas Singapura mengumumkan peluncuran produk sepatu barunya tersebut di akun Instagram-nya. Namun, di pengumumannya itu Adidas membuat kesalahan dengan menyebut wayang kulit berasal dari Malaysia.

“Merayakan warisan budaya Malaysia lewat mata @JAEMYC dalam #UltraBOOST DNA City Pack berikutnya. Desainnya berbicara tentang penghormatan kepada Wayang Kulit, bagian penting dari identitas dan warisan budaya Malaysia dengan menggabungkan unsur-unsur Wayang Kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan ‘lama-bertemu-baru’ pada DNA UltraBOOST,” tulis Adidas Singapura di bagian caption.

Alhasil, unggahan tersebut menuai protes dari warganet Indonesia. Mereka beramai-ramai memberikan penjelasan di kolom komentar kalau wayang kulit berasal dari Indonesia.

Menanggapi protes dari warganet Indonesia, pihak Adidas menyampaikan permintaan maafnya dan mengakui kalau wayang kulit berasal dari Indonesia. Lewat fitur Stories, mereka menuliskan kalau dari pihak merek dan seniman tidak ada yang bermaksud mengklaim budaya Indonesia.

“Terima kasih sudah menghubungi kami. Meski wayang kulit adalah bagian penting dalam warisan budaya Malaysia, kami seharusnya menyoroti (bahwa Wayang Kulit) aslinya berasal dari Indonesia. Kami sungguh meminta maaf karena ketidaksengajaan penghinaan yang sudah terjadi, dan sekarang kami mengubah (caption) unggahan kami,” tulis Adidas. Kini, di bagian caption unggahan tersebut sudah tertulis bahwa wayang kulit berasal dari Indonesia. Adidas menuliskan bahwa wayang kulit asal Indonesia telah menjadi inspirasi bagi negara Asia Tenggara lainnya.

Total
0
Shares
Previous Article

PLN BUKTIKAN MOBIL LISTRIK JAUH LEBIH HEMAT

Next Article

MENGUNGKAP ALASAN TIKTOK JADI PLATFROM YANG EFEKTIF UNTUK BERIKLAN

Related Posts