6 TIPS CARI KERJA DI MASA PANDEMI

Mencari pekerjaan saat pandemi Covid-19 terasa lebih menantang daripada sebelumnya. Jumlah perusahaan yang membuka lowongan tidak sebanyak dulu, sedangkan jumlah pencari kerja kian bertambah. Namun, sulit bukan berarti mustahil.

Mencari pekerjaan saat pandemi Covid-19 terasa lebih menantang daripada sebelumnya. Jumlah perusahaan yang membuka lowongan tidak sebanyak dulu, sedangkan jumlah pencari kerja kian bertambah. Namun, sulit bukan berarti mustahil.

Ada enam tips yang bisa kamu coba lakukan supaya lebih mudah “dilirik” perusahaan. Apa sajakah tips tersebut?

  1. Gunakan foto LinkedIn professional

Foto LinkedIn bagaikan first impression kamu di mata rekruter sebelum kalian bertemu secara langsung. Karena itu, pastikan kamu memasang foto yang tampak profesional, cerdas, dan sopan di profil LinkedIn kamu. Jangan lupa untuk memakai baju yang rapi ya saat foto!

  • Buat Perusahaan Kagum dengan Portofolio Kamu

Sekarang banyak perusahaan yang meminta pelamar untuk menyerahkan portofolio sebagai pelengkap CV, terutama untuk lowongan kerja di bidang kreatif. Saat ada waktu luang, coba kumpulkan karya-karya terbaikmu lalu menyatukannya dalam suatu portofolio yang keren. Kamu bisa membuatnya dalam versi PDF atau slides. Ingat, kamu memiliki kebebasan untuk berkreasi dan kreativitas tidak ada batasnya.

  • Cari Referensi dari Teman

Jika kamu mengenal seseorang yang bekerja di perusahaan tujuan, jangan ragu untuk meminta referensi. Mengajukan referensi berisi kata-kata yang baik tentang kamu dari orang internal perusahaan dapat menjadi salah satu jurus jitu untuk membuat rekruter mau melihat CV kamu dan mengundang kamu untuk wawancara. Buat mencari referensi, kamu bisa melihat siapa koneksi kamu di laman LinkedIn perusahaan tersebut.

  • Persiapan Diri adalah Kunci

Selalu persiapkan diri dengan baik sebelum wawancara. Cari informasi lengkap tentang perusahaan tersebut dan tentang posisi yang kamu lamar. Pewawancara akan senang kalau kamu sudah menguasai tentang perusahaan mereka. Selain itu, kamu juga bisa latihan wawancara dengan keluarga atau teman. Minta masukan dari mereka tentang aspek-aspek dari diri kamu yang masih perlu ditingkatkan.

  • Ajukan Pertanyaan yang Tepat Saat Wawancara

Biasanya di bagian akhir wawancara kamu diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada pihak perusahaan. Gunakan kesempatan ini untuk menggali lebih dalam tentang posisi yang kamu lamar. Namun, pastikan pertanyaan yang kamu ajukan itu relevan dengan posisi tersebut. Misalnya, tentang alur kerja, sistem yang mereka gunakan, dan karakteristik seperti apa yang mereka harapkan dari calon karyawan.

  • Kirim Email Ucapan Terima Kasih Setelah Wawancara

Pastikan kamu mengirimkan email terima kasih kepada rekruter selambat-lambatnya 24 jam setelah wawancara. Sikap ini dapat menunjukkan bahwa kamu menghargai waktu wawancara yang sudah dilakukan. Gerakan kecil ini mungkin tampak sepele, tetapi tidak semua orang bersedia untuk melakukannya.

Nah, itu dia enam tips yang dapat membantu kamu memperoleh pekerjaan di masa pandemi ini. Semoga sukses ya!

Total
0
Shares
Previous Article

SUASANA HARU SELIMUTI PIDATO TERAKHIR MESSI

Next Article

CATAT, SYARAT BRAND LOKAL DAPAT PENDANAAN RP 50 MILIAR

Related Posts