5 Tokoh yang Akan Diberi Gelar Pahlawan Nasional Tahun Ini

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) sekaligus Dewan Kehormatan Gelar, Mahfud Md, mengumumkan bahwa pemerintah akan memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada lima tokoh. Pemberian gelar ini akan dilakukan di Istana Negara pada Senin (7/11/2022).

“Hari ini Bapak Presiden sesudah berdiskusi dengan kami, dengan Dewan Gelar dan Tanda-Tanda Kehormatan, itu memutuskan tahun ini memberikan lima (gelar pahlawan nasional) kepada tokoh-tokoh bangsa yang telah ikut berjuang mendirikan negara Republik Indonesia melalui perjuangan kemerdekaan dan mengisinya dengan pembangunan-pembangunan sehingga kita eksis sampai sekarang sebagai negara yang berdaulat,” ucap Mahfud, seperti dikutip dari presidenri.go.id.

Berikut kelima tokoh yang akan diberikan gelar pahlawan nasional:

  1. DR. dr. H. R. Soeharto dari Jawa Tengah
    Dokter Presiden Soekarno yang juga salah seorang pendiri Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Selain itu, dr. Soeharto juga ikut serta dalam pembangunan Monas, Masjid Istiqlal, dan Rumah Sakit Jakarta.
  2. KGPAA Paku Alam VIII (Raja Paku Alam tahun 1937 – 1989)
    Raja Paku Alam bersama Sultan Hamengkubowono IX dari Keraton Yogyakarta mengintegrasikan diri pada awal kemerdekaan Republik Indonesia, sehingga NKRI menjadi utuh hingga saat ini.
  3. dr. Raden Rubini Natawisastra dari Kalimantan Barat
    dr. Raden telah berjasa dalam menjalankan misi kemanusiaan sebagai dokter keliling pada saat kemerdekaan. Bahkan, kegigihannya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia membuat dirinya bersama sang istri dijatuhi hukuman mati oleh Jepang.
  4. H. Salahuddin bin Talibuddin dari Maluku Utara
    Ia telah berjuang dan ikut membangun Indonesia berdasarkan Pancasila selama 32 tahun.
  5. K.H. Ahmad Sanusi dari Jawa Barat
    K.H. Ahmad Sanusi merupakan anggota BPUPKI dan tokoh Islam yang memperjuangkan dasar negara yang menghasilkan kompromi lahirnya negara Pancasila.
Total
0
Shares
Previous Article

Inilah Prediksi Wujud Manusia Akibat Terlalu Mengandalkan Teknologi

Next Article

Taklukkan Geek Fam, ONIC Esports Jadi Juara MPL Invitational 2022

Related Posts