5 JANUARI 1933: IKON SAN FRANCISCO, JEMBATAN GOLDEN GATE, MULAI DIBANGUN

Jembatan Golden Gate menjadi salah satu ikon San Francisco yang paling terkenal hingga saat ini. Jembatan berwarna merah itu pertama kali dibangun 89 tahun yang lalu, tepatnya pada 5 Januari 1933.

Jembatan Golden Gate menjadi salah satu ikon San Francisco yang paling terkenal hingga saat ini. Jembatan berwarna merah itu pertama kali dibangun 89 tahun yang lalu, tepatnya pada 5 Januari 1933.

Nama Golden Gate diberikan oleh insinyur Michael M. O’Shaughnessy. Namanya diambil dari Selat Golden Gate yang menghubungkan Teluk San Francisco dengan Samudera Pasifik. Jembatan ini membentang di atas selat itu dan menghubungkan sisi utara San Francisco dengan Marin County, California.

Jembatan Golden Gate dirancang oleh Joseph B. Strauss, pria asal Ohio yang sudah banyak membangun jembatan di Amerika Serikat. Pada awal pembangunannya, jembatan ini mendapat banyak perlawanan dari berbagai pihak.

Para pejabat kota skeptis dan khawatir dengan biaya pembangunan jembatan yang terlalu mahal. Perlawanan juga diberikan oleh para aktivis lingkungan dan pemilik kapal feri yang kerap melintas di selat tersebut sebelum jembatan ini dibangun. Surat utang bernilai 35 juta dolar AS akhirnya diterbitkan di Califronia pada 1930 untuk mendanai pembangunan Golden Gate.

Pembuatan pembangunan ini berjalan cukup sulit. Para pekerja harus berjuang melawan arus laut, angin kencang, dan kabut tebal yang kerap menyelimuti Selat Golden Gate. Pembangunannya pun sempat menelan korban.

Sebanyak 11 pekerja tewas, dan 10 di antaranya tewas pada hari yang sama ketika perancah yang mereka gunakan jatuh dan tak tertahan jaring pengaman. Peristiwa ini terjadi pada 17 Februari 1937.

Meski melewati banyak tantangan, Jembatan Golden Gate resmi dibuka untuk publik pada 27 Mei 1937. Saat itu, Golden Gate menjadi jembatan terpanjang di dunia dengan panjang 1.280 meter. Sampai akhirnya rekor itu dikalahkan oleh Jembatan Verrazano-Narrow di New York pada 18 meter.

Sehari sebelum dibuka, jembatan ini dilalui oleh publik pertama kalinya. Sebanyak 200 ribu orang berjalan, berlari, dan melintasi jembatan itu dengan sepatu roda. Kini, 41 juta kendaraan bermotor melewati jembatan itu setiap tahunnya.

Total
0
Shares
Previous Article

JADI KADER PAN, CHARLY VAN HOUTEN AKAN DICALONKAN JADI CALEG PADA 2024

Next Article

WASPADAI GEJALANYA, KINI OMICRON RI NAIK 254 KASUS

Related Posts