4 Bocah Pemerkosa Remaja Tak Ditahan dengan Alasan Dibawah Umur

Seorang anak perempuan berinisial P diperkosa di Hutan Kota, Cilincing, Jakarta Utara, oleh empat anak yang masih di bawah umur pada Kamis (1/9/2022). Remaja berusia 13 tahun itu diperkosa ketika berjalan kaki dari sekolah menuju ke rumahnya.

Keempat pelaku pun telah diamankan oleh Satreskrim Polres Metro Jakarta Utara pada Selasa (6/9/2022). Sayangnya, keempat pelaku tidak bisa ditahan karena berada di bawah umur, yakni 11 hingga 13 tahun.

Pasalnya, dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Anak pada Pasal 21 disebutkan bahwa anak-anak yang berusia di bawah 14 tahun tidak bisa ditahan.

Sebagai gantinya, Komnas Perlindungan Anak, Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), dan tim Kantor Pengacara Hotman Paris menyarankan agar keempat pelaku dibina di panti rehabilitasi anak di Cipayung, Jakarta Timur, sebagai bentuk proses hukum di luar persidangan (diversi) di Kantor Polres Jakarta Utara.

Hotman Paris Hutapea juga mendesak Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI untuk merevisi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Menurut Hotman, penanganan pidana anak yang diatur dalam UU tersebut tidak bisa disamaratakan. Hal ini lantaran anak umur 12 tahun ke bawah kelakuannya bisa lebih sadis dari orang dewasa, sehingga ketentuan dalam UU tersebut harus diubah.

Source Photo from Kompas/Zintan Prihatini

Total
0
Shares
Previous Article

Syukuran 'One Piece Film: Red' Tayang, Fans Bikin Warteg Gratis untuk Pihak yang Membutuhkan

Next Article

Penumpang Ojol di Singapura Bakal Didenda Rp 31 Ribu Jika Driver Menunggu 3 Menit

Related Posts