10 MEREK PALING BERNILAI DI INDONESIA TAHUN 2021

Lembaga riset independen global, Brand Finance, merilis daftar merek paling bernilai di dunia pada 2021. Di daftar tersebut terdapat merek-merek dari Indonesia.

Lembaga riset independen global, Brand Finance, merilis daftar merek paling bernilai di dunia pada 2021. Di daftar tersebut terdapat merek-merek dari Indonesia.

Melansir dari goodnewsfromindonesia.id (19/11/2021), pemeringkatan tersebut dihitung berdasarkan brand strength index, brand loyalty rate, corporate brand, product brand, dan brand revenue. Selain itu, nominal brand value atau nilai merek masing-masing perusahaan juga ikut diperhitungkan.

Secara sederhana, brand value adalah nilai keseluruhan yang menunjukkan berapa banyak konsumen yang rela membayar lebih untuk suatu merek tertentu dibandingkan merek lain yang sejenis. Dengan kata lain, seberapa sering konsumen memilih, mengingat, mengharapkan, dan memiliki keterikatan dengan sebuah merek.

Selain dari kepuasan konsumen terhadap merek tersebut, nilai merek juga dilihat dari analisis keuangan dan pemasarannya. Nilai merek pun menjadi salah satu metrik penting bagi perusahaan, terutama dalam menjangkau konsumen.

Lalu, perusahaan mana sajakah di Indonesia yang masuk dalam daftar Brand Finance?

  1. Telkom Indonesia (3,85 miliar dollar AS atau Rp 55 triliun)
  2. Bank BRI (3,09 miliar dollar AS atau Rp 44 triliun)
  3. BCA (2,49 miliar dollar AS atau Rp 36 triliun)
  4. Mandiri (2,41 miliar dollar AS atau Rp 35 triliun)
  5. Sampoerna (2,40 miliar dollar AS atau Rp 34,5 triliun)
  6. Pertamina (2,39 miliar dollar AS atau Rp 34,3 triliun)
  7. Gudang Garam (2,21 miliar dollar AS atau Rp 32 triliun)
  8. BNI (1,32 miliar dollar AS atau Rp 19 triliun)
  9. PLN (746 juta dollar AS atau Rp 11 triliun)
  10. Indosat Ooredo (715 juta dollar AS atau Rp 10 triliun)

Predikat perusahaan paling bernilai dipegang oleh Telkom. Perusahaan telekomunikasi yang memiliki predikat AAA ini juga menduduki peringat satu di daftar Brand Finance pada tahun lalu.

Selain menjadi perusahaan paling bernilai, tahun ini Telkom juga jadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk jajaran Forbes “World’s Best Employers 2021”. Telkom menjadi perusahaan yang memiliki pekerja berkualitas sekaligus menjadi tempat kerja yang nyaman bagi karyawannya.

Total
0
Shares
Previous Article

APAKAH PENYANDANG TUNARUNGU BISA BERBICARA?

Next Article

KISAH INSPIRATIF GUCCIO GUCCI: DARI PENJAGA LIFT HINGGA JADI PEMILIK MEREK FESYEN MEWAH

Related Posts